TUGAS II.TAP
JAWAB
PT.
Big Garmindo merupakan salah satu pemimpin pasar dalam industri pakaian jadi untuk
anak-anak di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1985, saat ini PT. Big
Garmindo telah mempunyai dua pabrik utama, yaitu di Gunung Putri, Bogor, dan di
Cikarang. Kunci utama keberhasilan PT. Big Garmindo adalah komitmen pada visi
dan misi perusahaan. Visi perusahaan adalah “Menjadi pemimpin pasar industri
pakaian jadi anak-anak pada tahun 2015”. Visi tersebut nampaknya telah
terwujud. Saat ini, pihak manajemen tengah menyusun strategi baru untuk
mempertahankan posisi tersebut.
Salah
satu kunci keberhasilan PT. Big Garmindo adalah pada pengelolaan sumber daya
manusia. Presiden Direktur PT. Big Garmindo, Tuan Kurnia Wisnutedja, menyadari
betul bahwa tenaga kerja merupakan sumber utama sekaligus aset penting
perusahaan dalam menjaga kelancaran operasional perusahaan. Hal inilah yang
menjadi pendorong utama rendahnya tingkat turn
over karyawan di PT. Big Garmindo. Salah satu kunci utama menjaga
kestabilan jumlah dan produktivitas karyawan adalah dilakukannya analisis
jabatan secara rutin untuk semua lini tenaga kerja. Mulai dari manajer sampai
dengan operator. Salah satu tujuan melakukan analisis jabatan ini adalah untuk
memfokuskan kemampuan individu untuk meningkatkan keunggulan kompetitif
perusahaan. Fokus utama perusahaan adalah pada kualitas produk yang tinggi.
Oleh karenanya, spesialisasi pekerjaan menjadi sasaran utama dalam analisis
jabatan. Orang-orang yang menduduki jabatan tertentu harus mempunyai kemampuan
dan kompetensi yang sesuai. Apabila berdasarkan analisis jabatan terjadi
ketidaksesuaian kompetensi pegawai dengan bidang pekerjaan, maka akan dilakukan
analisis ulang atas jabatan tersebut. Seiring dengan peningkatan permintaan
pelanggan, PT. Big Garmindo berusaha melakukan efisiensi dan efektifitas di
semua bagian. Salah satu cara yang ditempuh adalah mengubah posisi layout
pabrik dari posisi continuous layout menjadi
u-shaped layout. Dalam hal ini, akan
dilakukan penambahan mesin-mesin baru yang tentunya juga membutuhkan tenaga
kerja yang memiliki keterampilan khusus. Untuk mengisi kekosongan akan operator
mesin yang baru, perusahaan merencanakan untuk melakukan rekruitmen dengan
mencari tenaga kerja selevel yang memiliki kinerja yang baik selama ini. Selain
loyalitas mereka sudah teruji, perusahaan menilai bahwa tenaga kerja yang sudah
ada saat ini sudah mengetahui filosofi dan tujuan perusahaan, sehingga akan
lebih mudah untuk memberi pelatihan-pelatihan baru. Selain itu, tingkat
pendidikan, usia, dan tingkat produk gagal menjadi pertimbangan utama untuk
pemilihan posisi baru tersebut. Tingkat pendidikan yang dibutuhkan adalah
minimal SMA atau sederajat, usia maksimal 30 tahun, dan tingkat produk gagal
maksimal 20%.
Dalam
rangka pembelian mesin-mesin yang baru, PT. Big Garmindo merencanakan untuk
membeli mesin jahit otomatis yang sudah terkomputerisasi. Terdapat dua
penawaran, yaitu mesin merek “Butterfly” buatan Korea Selatan dan merek “Diamond”
buatan China. Harga merek Butterfly adalah Rp11 M dan harga merek Diamond
adalah Rp16 M. Pembelian mesin ini diharapkan mampu menghasilkan kas bersih
bagi perusahaan sebesar Rp2.100.000.000 per tahun untuk merek Butterfly dan Rp.2.500.000.000
untuk merek Diamond.
Pertanyaan:
Berdasarkan kasus PT. Big Garmindo,maka
analisislah:
1.
Merek mesin apa yang
sebaiknya dibeli PT. Big Garmindo dengan menggunakan pertimbangan Payback Period dari kedua mesin
tersebut! Jelaskan jawaban Saudara! |
|
Jawab
Di ket;
Investasi awal merk buterfly=11M
Investasi awal merk diamond=16M
Arus kas buterfly=2,1M
Arus kas diamond=2,5M
Rumus ;
Payback period buterfly = (investasi awal) / (arus
kas) x 1 tahun
=
11/2.1 x 1 = 5,23 tahun
Payback period diamond = (investasi awal / arus kas
) x 1tahun
= 16/2,5
x1 = 6,4 tahun.
Jadi sebaiknya PT .BIG GARMINDO membeli mesin merk
buterfly,karena berdasarkan perhitungan dengan metode payback period
pengembalian investasinya lebih cepat yaitu 5,23 tahun atau 5 tahun 4
bulan.daripada mesin dengan merk diamond yang mencapai 6 tahun 4 bulan.
0 Comments